Alasan mengapa bisnis digital anda sangat membutuhkan SEO - Digital Idea
logo-mini
SEO Untuk Website Bisnis

Alasan mengapa bisnis digital anda sangat membutuhkan SEO

Sharing is caring

Alasan mengapa bisnis digital anda sangat membutuhkan SEO

Banyak para pebisnis mengetahuinya bahwa SEO sangat dibutuhkan untuk bisnis digital mereka, dan manfaat yang akan didapatkan dari SEO yang dijalankan.

1. Pencarian Organik Google Merupakan Sumber Pencarian Nomor 1 Yang Paling Sering Digunakan

Pencarian organik adalah sebagian kinerja dari situs website bisnis, serta komponen penting yang pada akhirnya membuat pengguna mencari yang dibutuhkan. Seperti yang diketahui para pencari, Google memiliki porsi pasar pencarian yang sangat besar daripada pesaingnya seperti Yahoo, Bing, Baidu, Yandex, DuckDuckGo, dan banyak lainnya. Bukan untuk mengatakan bahwa semua mesin pencari tidak berkontribusi terhadap visibilitas mereka melakukannya, hanya saja Google memiliki sekitar 75 persen dari keseluruhan pencarian seluruh internet. Tetapi sisa 25 persen dari pasar yang dimiliki oleh mesin lain jelas berharga bagi brand lain. Google, sebagai situs web yang paling banyak dikunjungi di dunia (khususnya di Amerika), Google juga merupakan penyedia email paling terpopuler di dunia (dengan lebih dari 1 miliar pengguna). Belum lagi YouTube adalah mesin pencari terbesar kedua mereka. Kita tahu bahwa sebagian besar dunia yang memiliki akses ke internet mengunjungi Google setidaknya sekali sehari untuk mendapatkan informasi. Terlihat Google sebagai sumber daya yang tepercaya dari mesin pencari lainnya. SEO berkualitas dan situs web berkualitas tinggi membawa brand ke ranah digital.

2. SEO Membangun Kepercayaan perusahaan

Tujuan dari setiap SEO adalah untuk membangun pondasi yang kuat untuk situs website dengan pengalaman pengguna yang efektif dan mudah ditemukan dalam pencarian dengan berkat kepercayaan dan kredibilitas brand pada digital.

Banyak elemen-elemen yang membentuk otoritas terkait mesin pencarian seperti Google. Selain faktor-faktor yang disebutkan di atas, otoritas bertambah seiring waktu sebagai akibat dari unsur-unsur, seperti:

  • Backlink yang berkualitas.
  • Offpage & Onpage SEO.
  • Social Signal.
  • Web Optimization.

Tetapi menetapkan otoritas diatas harus dilakukan lebih pada optimasi digital lainnya. Masalahnya adalah tidak mungkin untuk membangun kepercayaan dan kredibilitas hanya dalam  waktu semalam. Otoritas diperoleh dan dibangun seiring berjalannya waktu.

Membangun brand sebagai otoritas membutuhkan kesabaran dan komitmen, dan juga bergantung pada penawaran produk atau layanan yang berkualitas untuk pelanggan mempercayai sebuah brand tersebut.

3. SEO yang bagus juga berarti pengalaman pengguna yang baik

Semua orang menginginkan peringkat pencarian google yang lebih baik dan visibilitas maksimal. Sedikit yang menyadari bahwa pengalaman pengguna yang optimal adalah bagian untuk pencapaian. Google telah menerapkan bagaimana menafsirkan pengalaman pengguna yang menguntungkan maupun tidak, dan pengalaman pengguna yang positif menjadi elemen penting bagi keberhasilan situs web. Pelanggan tahu apa yang mereka inginkan. Jika mereka tidak dapat menemukannya. Mereka akan mencari pencarian lainnya, Contoh jelas membangun pengalaman pengguna yang kuat adalah bagaimana Google menjadi mesin pencarian yang menawarkan data yang dapat dicari secara langsung di SERP (halaman hasil mesin pencari). Tujuannya adalah memberi pengguna informasi yang mereka cari dengan hanya sekali klik, begitu cepat dan mudah. SEO berkualitas menggabungkan pengalaman pengguna yang positif, dan memanfaatkannya demi brand itu sendiri.

4. SEO Berdampak pada Pembelian

Pelanggan melakukan riset. Itulah salah satu keuntungan terbesar dari perspektif pembeli. Menggunakan teknik SEO untuk menyampaikan pesan anda pada penawaran produk/jasa, dan pentingnya ketergantungan apa yang anda tawarkan kepada pelanggan akan menjadi dampak positif pada siklus pembelian dengan cara yang positif ketika dilakukan dengan benar. Brandharus terlihat di tempat yang dibutuhkan orang. SEO meningkatkan visibilitas itu sendiri dan memungkinkan pelanggan potensial menemukan produk/jasanya.

6. Penerapan SEO Relatif Lebih Murah

Tentu SEO butuh uang. Semua hal tentang marketing membutuhkan uang, tapi penerapan SEO relatif lebih murah, dan penerapannya kemungkinan akan besar dan bermanfaat. Bukan biaya pemasaran tapi SEO adalah investasi bisnis. Implementasi SEO yang baik akan mempertahankan brand untuk tahun-tahun mendatang.

7. SEO adalah Strategi Jangka Panjang

SEO dapat memiliki dampak yang nyata dalam tahun pertama, dan akan berdampak selama beberapa tahun. Saat pasar berkembang, yang terbaik adalah mengikuti tren. Tetapi bahkan sebuah situs yang belum memiliki banyak rekomendasi SEO akan meningkat dari praktik SEO dasar yang digunakan pada situs web. Dan semakin banyak waktu SEO, usaha, dan komitmen, semakin baik dan lama pula pada sebuah situs web yang menjadikan banyak pesaing yang layak di pasarnya.


Leave a Comment