Apa Itu Digital Marketing Dan Manfaatnya - Digital Idea
logo-mini
Digital Marketing Handsha

Apa Itu Digital Marketing Dan Manfaatnya

Sharing is caring

Apa Itu Digital Marketing Dan Manfaatnya

Anda tentu tidak asing lagi dengan istilah Digital Marketing (Pemasaran Digital), atau anda belum mengerti tentang digital marketing? Pernahkah Anda melihat suatu brand atau produk digital campaign (kampanye online)? Atau mungkin Anda juga melihat situs web, media sosial perusahaan? Akhir-akhir ini, Anda sering melihat semua hal itu. Hal-hal itu disebut Digital Marketing atau yang disebut pemasaran digital. Seiring dengan kemajuan teknologi, tren bisnis juga semakin beragam. Salah satunya adalah tren digital marekting.

Digital Marketing adalah kegiatan pemasaran atau promosi untuk sebuah produk/jasa atau brand yang menggunakan media teknologi digital atau Internet. Digital Marketing bertujuan untuk dengan cepat menarik konsumen yang sangat berpotensial membeli suatu produk atau jasa perusahaan tersebut. Seperti kita ketahui, penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sangatlah luas, sehingga tidak mengherankan bahwa kegiatan digital marekting adalah pilihan utama dalam berbisnis. Akibatnya, perusahaan berlomba-lomba membuat konten yang menarik untuk ditampilkan dalam pemasaran mereka di dunia maya.

Digital Marketing Laptop

Berikut 4 alasan pentingnya penerapan Digital Marketing dalam sebuah bisnis yang anda jalankan:

1. Bangun Reputasi Sebuah Brand
Reputasi perusahaan di dunia maya sangatlah penting di era digital saat ini. Digital Marketing membantu anda membangun reputasi yang baik di situs website, media sosial, dan SEO. Menurut sebuah studi Adweek, 81% konsumen mencari online sebelum melakukan pembelian. Ini berlaku untuk pembelian online dan offline. Menurut Forbes, 82% konsumen mencari di toko online sesaat sebelum membeli produk di toko. Keberadaan bisnis anda di dunia maya sangatlah penting dan anda dapat melakukannya dengan Digital Marketing.

2. Lebih Murah Dan Lebih Efisien Daripada Pemasaran Tradisional
Selain tidak membutuhkan alat yang rumit, Digital Marketing juga relatif lebih murah daripada pemasaran tradisional. Menurut survei Gartner tentang pengeluaran pemasaran digital, usaha kecil dan menengah yang menerapkan Digital Marketing dapat menghemat hingga 40% pada anggaran pemasaran.Tidak hanya pada ekonomi, Digital Marketing juga berkinerja lebih baik daripada pemasaran tradisional. Sebuah survei Gartner juga menunjukkan bahwa 28% dari usaha kecil dan menengah sedang mempertimbangkan untuk memindahkan alokasi pemasaran tradisional ke Digital Marketing. Langkah ini menunjukkan bahwa Digital Marketing lebih efektif dan efisien daripada pemasaran tradisional.

3. Tingkatkan Pendapatan Secara Efektif
Dengan metode pemasaran yang lebih efektif, Anda juga dapat meningkatkan penghasilan Anda dengan lebih efektif. Menurut laporan Google, pebisnis yang menggunakan Digital Marketing telah berhasil meningkatkan pendapatan mereka sebesar 2,8% lebih banyak daripada perusahaan yang hanya mengandalkan pemasaran tradisional.

4. Memungkinkan Anda Terhubung Dengan Audiens Tertentu
Salah satu alasan utama Anda harus segera pindah ke Digital Marketing adalah karena Anda dapat menargetkan audiens tertentu. Digital Marketing dapat mengumpulkan berbagai data penting (lokasi, usia, minat, jenis kelamin) untuk menentukan target yang paling tepat untuk kampanye pemasaran Anda.


Leave a Comment