Apa itu website beserta fungsinya - Digital Idea
logo-mini

Apa itu website beserta fungsinya

Sharing is caring

Apa itu website beserta fungsinya

Situs website adalah sekumpulan informasi / sekumpulan halaman yang umumnya diakses melalui Internet. Setiap orang, di berbagai tempat dan kapan saja, dapat menggunakannya ketika terhubung online melalui Internet. Secara teknis, situs web adalah sekumpulan halaman yang disematkan dalam domain atau subdomain tertentu. Situs web yang ada di Internet atau dalam WWW (World Wide Web).

Saat ini, kebutuhan akan situs web tidak hanya merupakan keharusan bagi perusahaan yang terlibat dalam informasi, tetapi kepemilikan situs web telah menjadi kebutuhan bagi semua orang, bahkan di dunia pendidikan. Karena setiap situs web akan memungkinkan mereka untuk berinteraksi dengan siapa pun yang mereka inginkan. dengan komunitas atau orang lain yang menjadi target informasi.

Selain itu, perusahaan yang tidak memiliki situs web dianggap kurang kredibilitas, akan sulit untuk menemukan informasi tentang perusahaan jika tidak memiliki situs web, yang mengakibatkan kurangnya kepercayaan pada perusahaan. perusahaan.

Manfaat dan kegunaan memiliki situs web jauh lebih dari apa yang saya jelaskan di atas, masih banyak kegunaan lain termasuk: media promosi, komunikasi, interaksi, dan media profesional.

Dalam perkembangannya, situs web ini menjadi semakin populis dan semakin mudah diakses oleh semua lapisan masyarakat. Ini bisa dilihat dari banyaknya situs yang mencapai sekitar 1,7 miliar pada tahun 2017.

Saat ini, situs web ini tidak terbatas pada perusahaan besar, organisasi terkenal atau negara adidaya. Bahkan situs web dapat digunakan untuk keperluan pribadi seperti berbagi pengalaman perjalanan, menulis tutorial atau memposting pekerjaan dan portofolio.

apa itu website

Sejarah website

Tanggal 6 Agustus menandai hari jadi sebuah website yang dibuka untuk umum. Tim Berners Lee adalah karakter di balik kelahiran website tersebut. Awalnya, Tim Berners Lee membuat proyek World Wide Web pada tahun 1989 sebagai alat komunikasi otomatis untuk berbagi informasi antar ilmuwan dari berbagai belahan dunia.

Tim Berners Lee mengambil inisiatif untuk membuka situs web untuk umum pada 6 Agustus 1991. Pada 1994, ia kemudian mendirikan World Wide Web Consortium, yang bertujuan mengembangkan protokol dan pedoman. pedoman untuk memastikan pertumbuhan jangka panjang situs.

Pada tahun 1994, hanya ada 2.738 situs web yang terdaftar dan aktif. Situs web ini mengalami peningkatan drastis setiap tahun. Pada 2017, setidaknya ada 1,7 miliar situs web aktif.


Leave a Comment