Apa Perbedaan Antara User Interface (UI) & User Experience (UX) - Digital Idea
logo-mini
Pengertian UI/UX

Apa Perbedaan Antara User Interface (UI) & User Experience (UX)

Sharing is caring

Apa Perbedaan Antara User Interface (UI) & User Experience (UX)

Sebelum belajar desain UI/UX kita harus tahu interaksi antara 2 hal, yaitu user & device. Kita perlu merancang desain bagaimana aplikasi, website, dan platform lain dapat lebih mudah digunakan oleh pengguna / manusia dari interface yang digunakan. Apa yang kita lakukan dengan device berupa handphone, laptop & komputer adalah bagian dari Human Computer Interaction (user & device). Di mana saat Anda menggerakkan mouse, menekan keyboard, memindahkan layar smartphone, membuat gerakan dan Anda bisa mendapatkan kontrol penuh dari sebuah deviceitulah yang disebut interaksi.

Nah setelah anda mengetahui pembelajaran tentang Human Computer Interaction yang akan berhubungan dengan UI/UX saatnya kita simak ulasan selengkapnya berikut ini:

Penjelasan Tentang UI/UX

Pertama apa kepanjangan dari UI/UX itu sendiri?

UI/UX adalah singkatan dari User Interface dan User Experience

Apa Kegunaan dari UI/UX?

Sebagai tampilan visualisasi dalam aplikasi atau alat digital marketing dalam bentuk website yang dapat meningkatkan brand awareness milik perusahaan atau bisnis dalam penerapan digital. 
Biasanya, perusahaan mencari karyawan ataupun jasa pembuatan website dengan kemampuan UI/UX untuk mengembangkan website agar lebih menarik dan informatif. Percayalah tampilan website akan memengaruhi tingkat penjualan produk yang Anda miliki.

Perbedaan antara UI dan UX

Banyak orang salah paham bahwa UI itu sama dengan UX, walaupun kedua hal itu berbeda tetapi saling berhubungan. Dan tugas Desainer UI / UX seperti itu tidak berarti hanya dapat merancang aplikasi atau website yang bagus dan berkualitas, tetapi bagaimana membuat aplikasi itu sendiri menjadi lebih sederhana dan lebih gampang digunakan khalayak umum. 

UI (User Interface)

UI adalah desain antarmuka yang lebih menekankan keindahan tampilan, pemilihan warna yang baik dan benar, dan elemen lain yang membuat tampilan website lebih menyenangkan mata dan yang membuat pengunjung betah berlama-lama.

UI menciptakan lebih banyak koneksi emosional dengan pengguna melalui desain yang menarik dan indah. Biasanya, UI akan diimplementasikan setelah UX selesai dengan menentukan desain tata letak, logo, warna, typografi dan elemen lainnya untuk mempercantik website.

UX (User Experience)

UI dan UX yang berbeda berasal dari fungsinya, sehingga UI lebih fungsional untuk membuat desain website Company Profile menjadi lebih indah. UX adalah desain yang digunakan untuk meningkatkan kepuasan pengguna website melalui kenikmatan dan kegunaan yang disediakan dalam interaksi antara pengguna Internet atau pengunjung. UX ini digunakan untuk membuat website company profile anda lebih mudah dan tidak membingungkan pengunjung.

UX dapat dipahami sebagai sekumpulan elemen website yang mencakup struktur, kemudahan memindahkan satu halaman ke halaman lainnya.


Leave a Comment